Kami salah satu pabrik tepung ikan di Jawa Timur siap menyediakan kualitas tepung ikan terbaik maupun sedang. Lokasi Dusun Cangkring Desa Cangkringrandu Kecamatan Perak Kabupaten Jombang Jawa Timur HP 085 330 289 449

Minggu, 21 Desember 2014

Masalah Penetapan Harga Tepung Ikan

Harga tepung ikan yang selama ini saya kelola terkadang membuat sedikit masalah di kalangan penjual maupun pembeli tepung ikan kami. Ada yang bertanya-tanya "kok mahal", Ada juga yang heran .. "eh, kok ada yang murah banget, ada apa campurannya ?

Nah, sebenarnya cukup klise dan sangat sederhana sekali jawabannya. Tepung ikan yang beredar di pasaran itu baik di kalangan pengecer di pasar atau toko yang jual tepung pakan, ataupun di berbagai tempat produksi penggilingan tepung ikan, mereka sudah sangat mengerti betul karakter para pembeli dan pemain makelar. Serta juga tahu tujuannya ke pabrik mana saja.


Adalah dikarenakan bahwa banyak permintaan yang serba murah dan ingin terlihat hebat di lingkungannya, maka beredar tepung ikan yang murah meriah yang kadang kita membelalakkan mata dan berkata WOW.. ada tepung ikan yang harganya bisa 3000 - 4000 an. Benarkah itu?

Jawabannya di atas adalah : BENAR. Itu adalah (bagi saya) sebutannya tepung bubuk yang berbau ikan. Hehehe.. sederhana kan? Di dalamnya campurannya ikan murnia hanya antara 5-10% saja. Lainnya jelas terserah penggilingan tepungnya. Bisa dikasih bekas pupuk urea tak terpakai, bonggol jagung, sampah menir beras, pasir laut, rumput laut, sisik ikan, proaminosin dst.

Bila ada tepung ikan yang mahal, maka kebanyakan bilang : WOW kemahalan. Isinya apa aja tuh tepung ikannya. Jawabannya adalah PASTI MURNI.

Memang untuk mengecek kebenaran semua kualitas tepung ikan atau pakan ternak sekalipun itu harus dimasukkan ke laboraturium semacam kampus UNAIR, UNIBRAW, sampai SUCOFINDO. Tak terhitung banyaknya sampel yang masuk ke sana tiap hari. Namun pastinya adalah minimal masukkan ke laboraturium yang pilihan 3-7 hari. Di situ akan terlihat semua zat yang masuk dalam tepung tersebut.

Silahkan mencoba mana saja..

Wassalam. Rony 085330289449
Diberdayakan oleh Blogger.

Pages

© 2011 Pengolahan Ikan Asin - Tawar Menjadi Tepung Fishmeal, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena